KKN

Assalamualaikum wr. Wb.

 

HELLO PEOPLE!

 

As/if you guys know, aku mahasiswa pariwisata which is yang menunjukan betapa sukanya aku dengan jalan-jalan. Tapi buat aku jalan-jalan ga lengkap kalo ga ada hal yang aku anggap positif mampir di hati aku. Aku akan puas ketika aku jalan-jalan aku belajar suatu hal (secara unformal, bias dari cerita hidup seseorang yang aku temuin pas travelling, atau lainnya), aku membagi ilmu dan bantuan saat aku travelling, dapet uang pas jalan-jalan :p, jalan-jalan ala awkarin yg always dapet kerjaan dari local shop di tempat dia datengin itu one of my dream juga kayaknya hahaha. Pada intinya travelling aku harus punya banyak fungsi hahaha.

 

Nah karna kampus aku berfokus pada bidang pariwisata, kampus aku rutin dapet undangan untuk mengembangkan daerah-daerah di Indonesia. Kalo kegiatannya melibatkan mahasiswa biasanya disebut dengan KKN (kuliah kerja nyata), nah KKNnya anak pariwisata pastinya dong ngembangin potensi wisata daerah tujuan kknnya. Umumnya kkn itu durasinya 1minggu-3bulan, tergantung kegiatan dan daerahnya. Sejak kuliah ini aku udah 2 kali ikut kkn berskala nasional. Yang pertama EKSPEDISI NUSANTARA JAYA diselenggarain sama kemenko maritime , karna kampus kita d Jakarta jadi tujuannya itu pulau terluar di Jakarta, dan kita memilih pulau payung.

Kkn yang kedua itu baru taun ini itu namanya KKN TEMATIK MERAJUT NUSANTARA diselenggarakan oleh kopertis 3 jakarta tujuannya itu Belitung Timur (beda ya sama Belitung barat yang terkenal sama pantai berbatu putihnya itu). BELTIM ini terkenal akan kota seribu warung kopi di manggar, tapi kalua kita mau tau lebih dalem beltim itu nyimpen daerah-daerah yang cantic buat dikunjungin.

Image may contain: one or more people, people standing, crowd, sky and outdoor

Kalau ditanya apa sih serunya kkn ? 2 kkn yang aku ikutin ini sifatnya ga wajib, nanti febuari 2019 baru aku ada kkn wajib (sekarang sih udah ga wajib buat aku karna udah 2x kkn hehe tapi kayaknya bakal tetep ikut) sebenernya tiap kkn ada pro kontranya atau positif negatifnya juga sih, nih aku jabarin :

 

PRO/POSITIF:

  1. Jalan jalan gratis! Haha (ini selalu jadi alasan utama ikut kkn, anaknya suka gratisan:p)
  2. Latihan mandiri
  3. Latihan adaptasi dengan lingkungan baru yang kontras, dari mulai tempat tinggal, cara tinggal, budaya, dan lain-lain apalagi yang kknnya diluar daerah kita
  4. Sadar kalau bahagia itu mudah J aka bener-bener belajar bersyukur dengan apa yang kita punya, bukan hanya tentang harta karna di tempat kkn aku bukan ga ada warga yang sangat mampu. Tapi harta itu ga bias jadi tolak ukur, bersyukur betapa mudahnya nyari apa-apa di Jakarta, transportasi, sinyal, makanan, apapunn semua bisa aku temuin gampang di Jakarta.
  5. BAHAGIA! Rasanya tuh ada kebahagiaan dan kepuasan sendiri bisa membantu, berbagi ilmu, dan lainnya.
  6. Mengembangkan ilmu kita pastinya terutama yang bidang kkn nya sesuai dengan jurusan yang diambil.
  7. Lebih kenal dengan daerahnya karna kita terjun langsung menjadi warga, beda dengan travelling yang kita bener-bener hanya jadi pengunjung.

 

KONTRA/NEGATIF:

  1. Ga mandi berhari-hari (aku rekor baru 3hari lol)
  2. Ga nyaman apalagi beberapa hari pertama rasanya mau nyerah aja hahaha
  3. Harus banyak bersabar, apapun yang terjadi senyumin aja lol
  4. Izin kelas kalau bertepatan sama tanggal kknnya (ini positif apa negatif sih? Hm)
  5. Barang bawaannya banyak! (terutama buat wanita rempong kayak aku kayaknya lol)
  6. Harus bikin laporan hehe mager aja gitu

 

 

Sebenernya pasti masih banyak positif negative dari KKN, tapi yang aku yakin akan selalu lebih banyak positifnya. Yang paling nyenengin adalah setelah kita ngelakuin 1 kegiatan dan ngeliat rasa senang dan puas warga sekitar, itu rasanya hati tuh penuh banget dan seneng pastinya.

 

Yah semoga aja dapet tawaran kkn dan sejenisnya lagi ya hehe aamiin! Kalo bisa sih daerah pantai biar bisa snorkeling-snorkeling dikit:p

 

 

CHEERS!

SALSASABILA

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *